Kilas Balik Pameran Kelistrikan Indonesia

Kilas Balik Pameran Kelistrikan Indonesia
Ada saat harus berjibaku bergandeng tangan menegakan sebuah kepercayaan besar dari pelaku bisnis dan regulator kepada dunia kelistrikan Indonesia. Semua terus dilakukan untuk melangkah dari satu kota ke kota lainnya demi menggambarkan citra positif bagi PLN dalam menunjukan upaya membangun infratruktur kelistrikan di bumi Indonesia.

Meskipun dalam perjalanan pameran ini ada pernak-pernik suka dan duka dan tidak sepenuhnya sempurna, kisah sukses layak digambarkan bagaimana Pameran Kelistrikan Indonesia selalu menjadi magnet  bagi perusahaan listrik dan energi untuk tampil ikut serta memberikan dukungannya demi kemajuan ketenagalistrikan tanah air. Berikut  review Pameran Kelistrikan Indonesia dari waktu ke waktu:
 

Pameran Kelistrikan Indonesia 2010: 

Bertempat di Parkir Timur Senayan, Jakarta, 24-27 Oktober 2010. Pameran Kelistrikan Indonesia untuk pertama kalinya digelar, saat itu Dahlan Iskan menjadi Dirut PT PLN dengan mengusung tema “ PLN Dalam Perubahan”. Pameran ini cukup meriah karena diikuti oleh 112 perusahaan listrik dan energi serta perbankan. Dalam pameran ini disuguhkan informasi tentang peta kelistrikan terkini. Diantaranya menampilkan kemajuan teknologi industry ke listrikan , produk unggulan pelayanan PLN dan berbagai inovasi teknologi kelistrikan PLN dan peserta pameran sangat puas karena banyak transaksi bisnis kelistrikan yang disepakati.
 

Pameran & Seminar Kelistrikan 2011 Indonesia Barat: 

Bumi Sriwijaya (Palembang) menjadi saksi Pameran Kelistrikan berskala internasional dihelat di Convention Center The Aryaduta Hotel, 31 Maret – 2 April 2011. Berbeda dengan pameran sebelumnya, perubahan signifikan terjadi pada pameran kali ini yaitu adanya seminar sebagai nilai tambah dan sebagai referenesi bagi pendukung pameran untuk memberikan masukan dan saran bagi pengembangan listrik nasional. Pada pameran ini dukungan dari PLN, stakeholder, mitra, dan pemerintah daerah semakin menguat . Kendati mengambil tema wilayah Indonesia Barat, sebenarnya pameran ini berskala nasional dan bahkan bisa dikatakan internasional. Pasalnya, dari 80 peserta pameran terdapat perusahaan asing yang ikut berpartisipasi.
 

Pameran & Seminar Kelistrikan 2012:  

Harmoni One Hotel – Batam, 22  - 23 November 2012, adalah tempat berikutnya untuk perhelatan pameran kelistrikan di era kepemimpinan Dirut PLN, Nur Pamudji. Tema yang diusung kali ini jauh lebih menarik dan labih ke arah investasi, yaitu “Forum Bisnis dan Peluang Investasi Kelistrikan “ terkait dengan jual beli listrik antar negara ASEAN. Ada inovasi dalam penyelenggaraan pameran di bumi etnis melayu ini diantaranya Friendly Golf, Business Forum, dan Singapore Tour. Antusias peserta pameran masih terlihat, dimana 95 perusahaan elektik dan energi menjadi pendukung utama. Selain itu dukungan dari regulator dan stakeholder semakin menguat, salah satunya dari Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Bright PLN Batam dan HAPUA.
 

Pameran Kelistrikan Indonesia 2013:

Setelah dipersiapkan dengan matang selama satu tahun Grand City Convention & Exhibition Surabaya, 23 – 25 Oktober 2013 menjadi ajang pameran kelistrikan ke- 4 perhelatan akbar insan kelistrikan. Tema yang diusung dalam pameran ini adalah “Optimalisasi Tingkat Kandungan Lokal di Industri Ketenagalistrikan, Paluang Usaha Industri Ketenagalistrikan Nasional”. Sementara itu, dalam Forum Bisnis mengambil sudut pandang Kesiapan Industri Lokal Ketenagalistrikan menyam-but Era ASEAN Free Trade Area (AFTA) 2015. Industri Kelistrikan dan Energi yang terlibat mendukung pameran di Kota Buaya ini 100 perusahaan baik lokal maupun dari manca negara. Bonus bagi peserta pame-ran kali ini adalah disuguhkannya Dinner Culture Night dan Extreme Bromo Tour. 
 

Pameran Kelistrikan Indonesia 2014:

JCC Jakarta, 1 – 3 Oktober 2015.
Mengulang sejarah perhelatan akbar pameran Kelistrikan Indonesia kembali diselenggaran di Ibu Kota Negara dengan tema “ Percepat Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan untuk Mendukung pertumbuhan Ekonomi Nasional”
Animo peserta masih tinggi untuk terlibat mendukung PLN mewujudkan infrastruktur kelistrikan yang handal dan berkualitas. Buktinya, 105 peserta dari industri kelistrikan dan energi meramaikan ajang tahunan bagi insan ketenagalistrikan kali ini.
Keterlibatan asosiasi seperti CIRED dan AKLI  dalam pameran ini menambah nuansa tersendiri pada pameran kali ini. Selain forum bisnis yang menjadi andalan even pameran kelistrikan, bonus perjalanan ke Pulau Bidadari menjadi bonus untuk relaksasi peserta setelah penat mengikuti kegiatan pameran.
 

Pameran Kelistrikan Indonesia 2015: 

Kota Buaya akan kembali menjadi saksi perhelatan akbar Pameran Kelistrikan Indonesia ke-6 digelar di Grand City Convension & Ekhibition Surabaya, 21-23 Oktober 2015. Terpilihnya Surabaya sebagai tuan rumah Pameran Kelistrikan 2015   adalah sebuah keniscayaan. Tercatat sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi terbaik nasioanal dengan angka 6,7 % tentu menjadi nilai tersendiri. Selain itu, iklim investasi yang kondusif disertai dengan pertumbuhan infrastruktur kelistrikan yang mumpuni,diharapkan akan mampu menyedot perhatian investor untuk menyerbu kawasan Indonesia Bagian Timur.

Pameran kali ini akan mengangkat tema ”Konsolidasi Kemampuan Nasional Untuk Mewujudkan Pembangunan Pembangkit Listrik 35.000 MW”. Pameran Kelistrikan Indonesia 2015 diharapkan bukan hanya memberikan informasi kepada masyarakat umumnya dan masyarakat ketenagalistrikan khususnya, mengenai masalah kelistrikan dan energi tetapi juga mampu mengangkat sektor ketenagalistrikan dan menambah kepercayaan terhadap kinerja PLN saat ini dan di masa depan.